PENGANGKUTAN DENGAN KAPAL


1.    Persiapan Pengiriman
a.    Kantung kirimanpos yang akan dikirim ke kantor tujuan disortir dan dikelompokkan berdasarkan jenis alat angkutan, dan rute angkutan.
b.    Penyortiran tersebut berpedoman pada jalur distribusi kirimanpos yang ditetapkan oleh kantor pusat.
c.    Sambil melakukan penyortiran harus dilakukan pemeriksaan kirimanpos yang meliputi kondisi kantungpos, label alamat dan penyegelan kantung dengan plombir.

2.    Pemuatan dan Penyerahan
a.    Kantung kirimanpos yang dimuat ke alat angkutan disortir dan dikelompokkan berdasarkan titik singgah alat angkutan.
b.    Kelompok kantung kirimanpos untuk titik singgah pertama disusun di dekat pintu, sedangkan untuk titik singgah terakhir disusun paling dalam/bawah.
c.    Kirimanpos yang akan diangkut dengan kapal dicatat pada R6 rangkap-2 (dapat juga disesuaikan dengan kondisi setempat). Kirimanpos yang akan disalurkan melalui satu pelabuhan dicatat pada 1 (satu) R7. [1] 
d.    Selain pembukuan pada R6, kirimanpos yang akan diangkut dengan satu kapal dicatat pada R7  rangkap-3. [2]
e.    Pas pengantar R6 diikat pada leher kantung luar.
f.     Pada jadwal yang sudah ditetapkan kirimanpos tersebut dimuat ke kendaraan yang akan membawanya ke tempat kapal berlabuh disaksikan oleh pengawalpos. Kepada pengawalpos yang akan membawa kiriman ke pelabuhan diserahkan R7 lembar pertama dan kedua setelah pengawalpos tersebut menanda tangani R7 lembar ke tiga.
g.    Sesampai di pelabuhan pengawalpos menghubungi instansi terkait untuk memuat kiriman  ke kapal.
h.   Pengawalpos menyerahkan R7 lembar ke-2 kepada nahkoda kapal atau anak buah kapal yang ditunjuk. Sebagai bukti penyerahan, nahkoda kapal diminta menanda tangani R7 lembar pertama yang dilengkapi dengan nama jelas.
i.     Sesampainya kembali di kantor, R7 lembar pertama yang telah ditanda tangani oleh nakhoda kapal diserahkan kepada  Ketuapos atau pegawai yang ditunjuk.
Ketuapos atau pegawai yang ditunjuk memeriksa kelengkapan pengisian R7  dan menyatukan dengan lembar ketiganya.